Cari di Blog Ini

Senin, 31 Oktober 2016

Metode Pembelajaran Card Sort



Card Sort atau sortir kartu merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, karasteristik, klasifikasi, fakta tentang objek atau me-review ilmu yang telah diberikan sebelumnnya. Gerakan fisik yang dominan dalam strategi ini dapat membantu mendinamisir siswa yang kelelahan.
Langkah-langkah:
1.      Setiap siswa diberi potongan kertas yang berisi informasi atau contoh yang tercakup dalam satu atau lebih kategori. Seperti:
·         karakteristik hadis sohih,
·         nouns, verbs, adverb, dan preposition
·         ajaran Mu'tazilah
2.      Mintalah siswa untuk bergerak dan berkeliling di dalam kelas untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama. Guru dapat mengumumkan kategori tersebut sebelumnya atau membiarkan siswa menemukan sendiri.
3.      Siswa dengan kategori yang sama diminta mempresentasikan kategori masing-masing di depan kelas.
4.      Seiring dengan presentasi dan tiap-tiap kategori tersebut, berikan poin-poin penting terkait materi.
5.      Minta setiap kelompok untuk melakukan penjelasan tentang kategori yang mereka selesaikan. Pada awal kegiatan, bentuklah beberapa tim. Bei tiap tim satu set kartu yang sudah diacak sehingga kategori yang mereka sortir tidak tampak. Mintalah setiap tim untuk mensortir kartu tersebut ke dalam kategori tertentu. Setiap tim memperoleh nilai untuk setiap kartu yang disortir dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar