Card Sort atau sortir kartu merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan
untuk mengajarkan konsep, karasteristik, klasifikasi, fakta tentang objek atau
me-review ilmu yang telah diberikan sebelumnnya. Gerakan fisik yang dominan dalam
strategi ini dapat membantu mendinamisir siswa yang kelelahan.
Langkah-langkah:
1. Setiap siswa diberi potongan kertas yang berisi informasi atau contoh yang
tercakup dalam satu atau lebih kategori. Seperti:
·
karakteristik hadis sohih,
·
nouns, verbs, adverb, dan preposition
·
ajaran Mu'tazilah
2. Mintalah siswa untuk bergerak dan berkeliling di dalam kelas untuk
menemukan kartu dengan kategori yang sama. Guru dapat mengumumkan kategori
tersebut sebelumnya atau membiarkan siswa menemukan sendiri.
3. Siswa dengan kategori yang sama diminta mempresentasikan kategori
masing-masing di depan kelas.
4. Seiring dengan presentasi dan tiap-tiap kategori tersebut, berikan
poin-poin penting terkait materi.
5. Minta setiap kelompok untuk melakukan penjelasan tentang kategori yang
mereka selesaikan. Pada awal kegiatan, bentuklah beberapa tim. Bei tiap tim
satu set kartu yang sudah diacak sehingga kategori yang mereka sortir tidak
tampak. Mintalah setiap tim untuk mensortir kartu tersebut ke dalam kategori
tertentu. Setiap tim memperoleh nilai untuk setiap kartu yang disortir dengan
benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar